Ketahui Penyebab Disentri Agar Tidak Terjadi Pada Anda


Penyakit disentri harus kita waspadai, karena penyakit ini bisa menyerang segala usia. Selain orang dewasa, anak-anak dan balita pun bisa diserangnya. Agar kita bisa mencegah penyakit ini, maka tidak ada salahnya mengetahui Penyebab Disentri Agar Tidak Terjadi Pada Anda.
Disentri adalah infeksi usus yang menyebabkan diare yang disertai darah atau lendir. Kondisi ini umumnya berlangsung selama 2 hingga 7 hari, ditandai dengan kram perutm mual dan muntah serta demam.
Penyakit disentri ini merupakan penyakit yang umum terjadi di lingkungan dengan sanitasi yang buruk, misalnya karena keterbatasan air bersih atau tempat dengan pembuangan limbah yang buruk. Penyebaran disentri terjadi akibat masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan diri, seperti tidak mencuci tangan setelah dari toilet atau kamar mandi.

Gejala Penyakit Disentri

Gejala disentri bisa muncul dalam skala ringan hingga berat. Sebagian besar gejala disentri tergantung pada kualitas sanitasi di mana infeksi telah menyebar. Di negara maju, tanda dan gejala disentri cenderung lebih ringan daripada di negara berkembang atau daerah tropis.
Secara umum, gejala disentri adalah :
·         Diare yang sering kali disertai darah atau lendir.
·         Demam.
·         Mual.
·         Muntah.
·         Kram perut.
Gejala disentri biasanya mulai muncul dari 1 atau 2 hari setelah anda terinfeksi bakteri. Sementara penyakit ini biasanya berlangsung selama 5 sampai 7 hari. Pada beberapa orang, terutama anak-anak kecil dan lansia, diare yang terjadi sebagai gejala disentri dapat menjadi sangat serius dan diperlukan rawat inap di rumah sakit.
Beberapa orang lainnya yang terinfeksi mungkin tidak mengalami gejala disentri sama sekali namun masih menyebarkan bakteri ke orang lain.

Ketahui Penyebab Disentri Agar Tidak Terjadi Pada Anda

Penyebab disentri dibagi menjadi dua, yaitu bakteri dan amoeba.

·         Penyebab disentri akibat bakteri

Infeksi bakteri adalah penyebab utama dari disentri. Infeksi tersebut meliputi spesies bakteri Shigella, Campylobacter, E.coli, dan Salmonella. Bakteri shigella adalah penyebab disentri yang paling umum.
Bakteri penyebab disentri dapat ditemukan dalam tinja orang yang terinfeksi dan menyebar melalui banyak cara. Misalnya saat seseorang tidak mencuci tangan sampai bersih setelah buang air besar. Selain kebiasaan mencuci tangan yang buruk, anda juga mungkin terinfeksi bakteri penyebab disentri jika mengonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi.
Menyentuh benda atau bagian tubuh yang sudah terkontaminasi bakteri penyebab disentri juga bisa meningkatkan risiko anda terkena penyakit ini. Bahkan, anda juga berisiko terkena penyakit ini jika berenang di air yang terkontaminasi, seperti danau ataupun kolam renang.
Disentri sering ditemukan di pusat penitipan anak, panti jompo, tempat pengungsian, di sekolah dan tempat-tempat lain di mana banyak orang dan sanitasi buruk.

·         Penyebab disentri akibat amoeba (amoebiasis)

Disentri juga dapat disebabkan oleh amuba yang disebut Entamoeba histolytica. Amuba sendiri adalah parasit bersel satu. Biasanya amuba jenis ini banyak di temukan di daerah tropis, termasuk di Indonesia. Sama seperti jenis disentri yang disebabkan oleh bakteri, amuba penyebab disentri dapat ditemukan di tempat-tempat yang memiliki sanitasi buruk.
Nah itulah penyebab disentri yang sangat perlu anda ketahui agar penyakit disentri ini tidak terjadi pada anda. Jika anda memiliki masalah dengan disentri ini maka sebaiknya segera atasi dengan obat herbal disentri yang telah terbukti aman dikonsumsi.
Terimakasih telah berkunjung pada artikel mengenai Ketahui Penyebab Disentri Agar Tidak Terjadi Pada Anda yang pada kesempatan kali ini dapat saya ulas, semoga bermanfaat dan menjadi jalan kesembuhan bagi anda.
Posted by : Obat Disentri

Comments